Tuesday, July 30, 2013

EKOLOGI ADMINISTRASI NEGARA



A.  PERTUMBUHAN EKOLOGI ADMINISTRASI NEGARA
          Pada tahun lima puluhan (1950-an)sekelompok ilmuwan politik dan adne menyadari bahwa memindahkan begitu saja sistem dan lembaga2 atau pranata politik dan adne dari suatu lingkungan masyarakat, bangsa dan negara tertentu ke lingkungan masyarakat, bangsa dan negara yang lain tidaklah tepat.
Ilmu sosiologi, antropologi, ekonomi dll memperkuat pandangan tersebut bahwa apa yang baik dalam lingkungan masyarakat, bangsa dan negara tertentu belum tentu baik pula bagi masyarakat, bangsa dan negara lain.
          Dalam rangka penyempurnaan sistem dan pranata adne dari negara berkembang perlu didukung oleh suatu pengkajian perbandingan. Dalam perbandingan ini digunakan pendekatan secara ekologi (ecological approach).
          Prof. Fred W. Riggs adalah pendorong utama perkembangan Ekologi ADNE yang pada tahun lima puluhan telah memberikan ceramah2 yang kemudian dibukukan dengan judul THE ECOLOGY OF PUBLIC ADMINISTRATION.

ALASAN MEMPELAJARI EKOLOGI ADNE:
1.   Untuk mengetahui ciri2 suatu sistem adne dari suatu masyarakat, bangsa dan negara tertentu.
2.   Untuk memahami mengapa dalam suatu masyarakat, bangsa dan negara itu telah tumbuh dan berkembang suatu sistem adne tertentu.
3.   Dengan memahami  kondisi suatu masyarakat, bangsa dan negara dapat disusun dan dikembangkan suatu sistem adne yang cocok dengan kondisi masyarakat, bangsa dan negara yang bersangkutan.

PENGERTIAN EKOLOGI
Ecology berasal dari bahasa Yunani “oikos”: suatu rumah tangga, sama dengan akar kata dari ekonomi.
Ecology bersangkutan dengan seluruh antar hubungan dari organisme2 hidup dengan lingkungannya.
Lingkungan hidup (environment) yaitu keadaan sekitar yang melingkupi atau mengelilingi suatu organisme hidup atau suatu kehidupan.
Dalam hub dengan ekologi adne, Faktor2 lingkungan hidup sangat dipengaruhi oleh sistem adne tersebut.
Sistem adne indonesia sejalan dengan aspek2 kehidupan nasional. Faktor2nya adalah:
1.   Faktor2 yang beraspek alamiah yaitu:
·       Letak geografis
·       Keadaan dan kekayaan alam
·       Keadaan dan kemampuan penduduk
2.   Faktor2 yang beraspek sosial (kemasyarakatan), yaitu:
·       Ideologi
·       Politik
·       Ekonomi
·       Sosial budaya
·       Pertahanan keamanan (militer)

Pertemuan selanjutnya...

DEFINISI ADMINISTRASI NEGARA
1.   Public administration adalah organisasi dan manajemen dari manusia dan benda guna mencapai tujuan2 pemerintah.
2.   Public administration adalah suatu seni dan ilmu tentang management yang dipergunakan untuk mengatur urusan2 negara.
John M. Pfiffner and Robert V. Presthus.
“Administrasi Negara sebagai koordinasi usaha2 perorangan dan kelompok untuk melaksanakan kebijakan pemerintah. Hal ini terutama meliputi pekerjaan sehari2 pemerintah.”
“Administrasi Negara adalah suatu proses yang bersangkutan dengan pelaksanaan kebijakan2 pemerintah, pengarah kecakapan2 dan teknik2 yang tak terhingga jumlahnya yang memberi arah dan maksud terhadap usaha2 sejumlah besar orang.”
Kesimpulan definisi tsb adalah “administrasi negara adalah suatu proses yang melibatkan beberapa orang dengan berbagai keahlian dan kecakapan untuk melaksanakan kebijakan2 pemerintah.”
Ira Sharkansky.
“ Public Administration” sebagai lapangan/arena para administrator melakukan kegiatan2, tugas2 dan peklerjaan pemerintah negara.
Public administration (administrasi negara) berkaitan erat sekali dengan public policy (kebijakan pemerintah/negara).
Felix A. Nigro.
Administrasi negara:
1.   Suatu kerjasama kelompok dalam lingkungan pemerin tahan;
2.   Meliputi ketiga cabang pemerintahan yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif serta hubungan diantara mereka.
3.   Mempunyai peranan penting dalam perumusan kebijakan umum/negara dan oleh karenanya merupakan sebagian dari proses politik;
4.   Dalam beberapa hal berbeda debgan administrasi private;
5.   Sangat erat berkaitan dengan berbagai macam kelompok swasta dan perorangan dalam menyajikan pelayanan kepada masyarakat.

Pendekatan dalam administrasi negara:
1.   Adne sebagai salah satu dari kedua fungsi pemerintahan yang penting.
2.   Adne sebagai salah satu cabang dari pemerintahan
3.   Adne beraspek yuridis.
4.   Adne sebagai profesi.
5.   Adne sebagai managemen.
6.   Adne sebagai seni dan ilmu.
7.   Adne sebagai suatu proses.
Adne sebagai salah satu dari kedua fungsi pemerintahan.
          Woodraw Wilson dalam bukunya “the studi of administration” dan Frank J. Goodnow dalam “politics and administration” mengkritik tentang “pemisahan kekuasaan menjadi tiga” (legislatif, eksekutif, yudikatif) dan sebagai gantinya dikemukakan bahwa setiap sistem pemerintahan mempunyai dua fungsi pokok yaitu:
a.   Politik, segala sesuatu yang berhubungan dengan pernyataan kehendak dari pada negara;
b.   Administrasi, segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan kehendak tersebut.
Adanya dikotomi ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap studi adne;
1.   Memberikan tekanan betapa pentingnya adne
2.   Beberapa orang berpikir bahwa politik dan administrasi dapat dan harus dipisahkan satu dengan yang lain.
 Asas pembagian ini menurut kedua ahli tersebut bahwa golongan politisi menghkhususkan diri pada soal-soal pembuatan kebijakan (policy making) sedangkan golongan administrator mengkhususkan diri pada soal-soal administrasi (policy executing).
Bahwa adne sebagai fungsi, terdiri dari kegiatan dan tindakan-tindakan untuk melaksanakan (eksekusi) kehendak dari pada negara, kehendak mana tercantum dalam kebijakan umum yang telah dirumuskan sebagai hasil dari fungsi politik.
Adne sebagai salah satu cabang dari pemerintahan.
Banyak orang mengenal adne dengan menyamakannya dengan cabang eksekutif dari pemerintah (departemen pemerintahan). Aparatut departemen, biro, jawatan dan dinas merupakan suatu organisasi administratif yang tidak lain adalah cabang eksekutuf. Organisasi administrasi terdiri dari gabungan jabatan2 dimana didalamnya berhimpung sekelompok orang2 yang secara kesatuan melakukan kegiatan atau tindakan untuk mencapai tujuan negara. Dalam hal ini adne sebagai suatu institusi.
Adne beraspek yuridis.
Pada umumnya dinas2, jawatan dan organisasi administratif diciptakan oleh hukum, dan mereka diadakan untuk melaksanakan ketentuan2 hukum . Hukum undang2 menetapkan kekuasaan, memerinci tugas2 dan membatasi wewenang mereka, serta menyediakan  alat hukum bagi warga negara untuk menyanggah/menentang penyalahgunaan kekuasaan administrasi dan penggunaan kekuasaan yang melampaui batas.
Adne sebagai profesi.
Politik adalah tempat petualangan, adne adalah tempat untuk mempraktekkan keahlian. Adne sebagai suatu profesi yaitu sebagai suatu jenis lapangan kerja yang memerlukan pendidikan dan latihan yang mendalam (keahlian).
Adne sebagai managemen.
Dwight Waldo mendefinisikan “managemen” sebagai tindakan dengan maksud untuk mencapai hubungan kerjasama yang rasional dalam suatu sistem administrasi.
Tindakan rasional adalah tindakan yang diperhitungkan dengan hati2 sekali untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Adne sebagai seni dan ilmu.
Dwight Waldo istilah adne mempunyai 2 macam arti :
1.   Suatu lapangan penyelididkan ilmu, suatu disiplin atau suatu studi dan
2.   Suatu proses atau kegiatan mengenai urusan2 publik.
Adne sebagai suatu proses.
Dimock mengatakan “sebagai proses, adne meliputi semua langkah yang diambil diantara saat suatu badan pelaksanaan menerima kewenangan dan saat batu terakhir diletakkan”.
Artinya sebagai suatu proses, adne akan meliputi seluruh kegiatan gerakgerik manusia mulai saat menentukan tujuan apa yang akan dicapai sampai kepada penyelenggaraan mencapai tujuan itu.
Dengan demikian dimaksudkan dengan “proses adne” itu ialah serangkaian kegiatan2 yang meliputi membuat rencana2, mengambil keputusan2, dan tindakan2 yang ditujukan untuk melaksanakan/menyelenggarakan dinas2publik (public services).


0 komentar:

Post a Comment