Wednesday, April 17, 2013

KEBERADAAN DESA DI INDONESIA


KEBERADAAN DESA DI INDONESIA
Negara Indonesia yang lahir pada 17 agustus 1945 adalah Negara kesatuan yang berbentuk republik. Dalam penyelenggaraannya daerah Indonesia terdiri atas beberapa daerah atau wilayah provinsi dan setiap daerah/wilayah provinsi terdiri atas beberapa daerah kabupaten/kota. Selanjutnya dalam setiap kabupaten/ kota terdapat suatu pemeritahan yang terendah yang disebut desa/ kelurahan. Dengan demikian, desa/ kelurahan adalah pemerintahan terendah dibawah pemerintahan kabupaten/kota.
Desa dan kelurahan adalah dua satuan pemerintah terendah dengan status berbeda. Desa adalah satuan pemerintahan yang diberi hak otonomi adat sehingga merupakan badan hokum, sedangkan kelurahan adalah satuan pemerintahan administrasi yang hanya merupakan kepanjangan tangan dari pemerintahan kabupaten/kota. Jadi kelurahan bukan badan hukummelainkan hanya tempat beroperasinya pelayanan pemerintahan dari pemerintahan kabupaten/kota di wilayah keluranahan setempat. Sedangkan desa adalah wilayah dengan batas-batas tertentu sebagai kesatuan masyarakat hukum (adat) yang berhat mengatur ddan mengurus urusan masyarakat setempat berdasa
rkan asal usulnya.
Data terakhir jumlah desa di Indonesia adalah 65.189 desa, sedangkan kelurahan berjumlah 7.787 kelurahahan. Ini artinya wilayah Negara kesatuan republik Indonesia sekitar 89% berupa pemerintahan desa dan hanya 11% berupa pemerintaha kelurahan yang bersifat perkotaan.
Berdasarkan data tersebut maka kedudukan desa sangat penting baik sebagai alat untuk mencpai tujuan pembangunan nasional ataupun sebagai lembaga yang memperkuat struktur pemerintahan Negara Indonesia. Sebagai alat untuk mencapai tujuan nasional, desa merupakan agen pemerintahan terdepan yang dapat mengajukan kelompok sasaran riil yang hendak disejahterahka; sedangkan sebagai lembaga pemerintahan, desa merupakan lembaga yang dapat memperkuat lembaga pemerintahan nasional karena sebagai kasatuan masyarakat hukum adat desa telah terbukti memilikia daya tahan luar biasa sepanjang keberadaannya.

No comments:

Post a Comment